Selasa, 01 Januari 2013


RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             : SMA NEGERI 1 JATIBARANG (PPL yg tertunda)
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                 : XI/Genap
Jenis teks                          : Text Narrative
Tema                                : making passive voice
Aspek/Skill                       : grammar focus
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit



Standar kompetensi  : 11.     Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk narratve dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
                                       12.    Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi dasar  : 11.2. Merespon makna dan langkah retorika secara akurat lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk narrative
12.1 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator                    :
·         Mengidentifikasi berbagai informasi rinci dalam teks narrative
·         Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks narrative.
·         Mengidentifikasi langkah-langkah retorika teks narrative
.



A.   Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1.      Bercerita tentang legenda,fable.
2.      Menulis cerita seperti legenda dan fabel.



B.   Materi Pembelajaran

     
Aturan menyusun passiv voice :
a.       Letakan objek kalimat aktif menjadi subjek kalimat passive
b.      Jika dalam kalimat aktif terdapat tobe maka ditambahkan tobe yang sesuai dengan subjek dalam kalimat tersebut, dan yang sesuai dengan bentuk tense-nya.
c.       Kata kerja utama dari kalimat aktif sesuai auxilary (tobe)  dalam bentuk participle (V3)
d.      Letakan By pada akhir kalimat

Dibawah ini adalah pedoman pamakaian BE dalam Kalimat Pasif


a.       Present tense
Am , is , are
b.      Past tense
Was, were


C.  Metode / TeknikThree phase technique

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:
Kegiatan awal:
a.       Tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa.
b.      Siswa menjawab tentang pertanyaan tantang materi terkait dengan tema.  
Kegiatan Inti
a.    Siswa mencatat prosedur membentuk passive voice.
b.   Siswa memahami sejenak tentang pasive voice dan kegunaannya.
c.    Siswa diberikan contoh sekilas tentang cara membuat passive voice.
d.   Siswa diberikan tugas membuat kalimat berbentuk passiv voice.

Kegiatan Akhir
- Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa    kesulitan apa  yang  dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani,
-  Memberikan post test.

E.  Sumber Belajar
a.  essentials of english grammar a practical guide’’ edisi kedua oleh.DRS.fuad mas’ud




F. Penilaian
  1. Teknik             : tes tertulis
  2. Bentuk                        : pertanyaan tertulis
  3. Instrumen        : Terlampiri     




Mengetahui
Guru pamong,




Indramayu 2 February  2013
Praktikan,
NONO WARSONO, S.Pd
NIP. 19680120 199412 1 002

HARNO DIYANSYAH
NPM 882030109043





























INSTRUMEN
Bentuk present tense :
 Active :  John writes a letters
passive : A letters is written by john

Bentuk past tensec:

active : ali wrote a leter
passive : a leter was wrote by ali


1 komentar:

  1. PlayOJO - Get up to 10 Free Spins on your account at the KADangpintar Casino
    PlayOJO - Get up to 10 Free Spins on 제왕카지노 your account at the kadangpintar KADangpintar Casino. Get up to หารายได้เสริม 10 Free Spins on your account at the KADangpintar Casino.

    BalasHapus